Isi

• Pengertian Berdoa 

• Keutamaan Berdoa 

• Manfaat Berdoa bagi Orang Beriman 

Pengertian Berdoa

Berdoa adalah wujud permohonan kepada Allah SWT. Selain sebagai sarana untuk mengutarakan keinginan serta keluh kesah, doa juga merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat mulia.

Keutamaan Berdoa 

Doa memiliki banyak manfaat yang bisa kita rasakan sebagai orang beriman. Nah, mari saya bahas beberapa manfaat utama berdoa berikut ini! 

Hati Lebih Tenang 

Kita sebagai manusia tidak memiliki kekuatan apa pun untuk mengatur segala yang terjadi di dalam hidup kita. Semua itu telah ditentukan oleh Sang Pencipta. Dengan berdoa, kita menyadari bahwa kita benar-benar membutuhkan pertolongan dari Allah dan percaya akan keberadaan-Nya, meskipun kita tidak pernah bertemu langsung. Dengan berdoa, umat Islam bisa merasakan ketenangan dan kedamaian yang lebih dalam hidup mereka. 

Menyelematkan dari Musuh dan Melancarkan Rezeki 

Seperti yang disebutkan dalam hadis riwayat Abu Ya'la dari Jabir bin Abdullah, Rasulullah SAW bersabda, "Maukah kalian aku tunjukkan suatu hal yang dapat menyelamatkan kalian dari musuh dan mempercepat datangnya rezeki bagi kalian?" (Rasulullah melanjutkan), "Maka berdoalah pada malam hari dan pada siang hari, karena hanya doa yang menjadi senjata ampuh bagi orang beriman." 

Segala Urusan Dimudahkan 

Orang yang merasa hidupnya sulit atau memiliki banyak masalah bisa jadi karena mereka jarang berdoa kepada Allah. Hal ini wajar, karena mereka tidak memiliki niat untuk mendekatkan diri kepada Tuhannya. Oleh karena itu, marilah kita mulai untuk memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah. Dengan berdoa, kita bisa selalu terhubung dengan Allah, sehingga segala urusan kita pasti akan lebih dimudahkan. 

Meningkatkan Kualitas Hidup 

Berdoa dapat meningkatkan kualitas hidup bagi orang beriman. Saat berdoa, orang beriman memohon kepada Allah SWT untuk memberikan kebaikan dan keselamatan dalam hidup mereka. Dengan begitu, berdoa dapat membantu orang beriman meraih kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup mereka.

Diangkat Derajatnya 

Tidak semua orang bisa mendapatkan keistimewaan untuk ditinggikan derajatnya oleh Allah. Jadi, jika kita beruntung mendapatkan keistimewaan tersebut, kita harus sangat bersyukur. Salah satu cara untuk bisa ditinggikan derajatnya adalah dengan berdoa sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Nah, sangat menarik sekali, kan? Jadi, jangan ragu untuk berdoa karena manfaatnya begitu besar bagi kehidupan kita sebagai orang beriman. Jadikanlah berdoa sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari dan selalu memohon pertolongan kepada Allah SWT. Semoga bermanfaat!. (Achmad)