Hajar Aswad adalah batu yang diletakkan oleh nabi Ibrahim Ass pada sudut Ka’bah sebelah timur (tenggara) sedangkan nabi Muhammad SAW merupakan nabi terakhir yang meletakkan Hajar Aswad pada tempatnya ketika Ka’bah direnovasi oleh suku Quraisy

Bersabda Rosululloh SAW Sesunggguhnya Hajar Aswad dan Maqom Ibrahim itu sejenis Batu Mulia dari batu-batu mulia yang ada di surga.
Hajar Aswad dalah batu berasal dari Surga , Hajar Aswad diturunkan dari surga yang warna aslinya adalah putih .
Hajar Aswad adalah batu mulia dari batu-batu mulia yang berada di surga dan Makom Ibrahim itu berasal dari batu-batu mulia yang ada di surga.
Ada selisih pendapat tentang waktu turunnya , apa kertika nabi Ibrahim membanghun Ka’bah atau sebelumnya ketika nabi Adam diturunkan dari surga .
Ada riwayat mengatakan bahwa Hajar Aswad diturunkan ke Bumi bersamaan diturunkannya nabi Adam ke bumi.
Ada riwayat lain mengatakan bahwa Hajar Aswad di turunkan di atas gunung       Aby Qubasy,dan berada si atas gunung selama 40 tahun lamanya , kemudian diletakkan di atas pondasi Ka’bah yang di bangun nabi Ibrahim.
Ketika nabi Ibrahim membangun Ka’bah sampai pada tempat Hajar Aswad Malaikat Jibril datang membawa Hajar Aswad ,ada juga pendapat mengatakan bahwa Malaikat Jibril datang membawa Hajar Aswad dari Surga  dan ada juga pendapat lain bahwa Malaikat Jibril datang membawa Hajar Aswad dari Gunung Aby Qubaisy karena Alloh telah meletakkan Hajar Aswad di Jabal Aby Qubaisy tatkala Bumi tenggelam di landa banjir .
Hajar Adwad diturunkan sebelum nabi Ibrahim, kemudian diangkat ke langit ketika bumi tenggelam,lalu Malaikat Jibril datang membawanya ketika nabi Ibrahim membangun Ka’bah.