Rosul Saw. Bersabda “salat di masjidku ini (masjid nabawi) lebih baik dari 1.000 salat di masjid lainnya kecuali masjidil haram”, “salat di masjidil Haram lebih utama dari 100.000 salat di masjid lainnya”, “salat di masjid baitul Maqdis lebih utama dari 500.000 salat di masjid lainnya”.
Kelipat gandaan pahala dalam tiga masjid ini tidaklah khusus untuk ibadah salat saja, melainkan umum untuk semua amal kebaikan seperti sedekah, puasa, bertasbih, takbir dan lainnya. Allah memberi keistimewaan pada beberapa hari, tempat dan manusia. Sedangkan hari-hari utama seperti bulan Ramadhan, dan bulan yang dimulyakan Allah bebrbeda dengan bulan yang lainnya. Tempat-tempat utama seperti Makkah, Madinah dan Baitul Maqdis tidak seperti tempat lainnya. Para Nabi, Wali, dan Ulama’ itu lebih unggul dari manusia yang lainnya, contoh seandainya ditimbang iman sahabat Abu Bakar dengan iman umat islam seluruhnya niscaya lebih unggul iman Abu Bakar.
Dalam kitab Buhori Muslim ada hadis “tidak ditekankan untuk bepergian kecuali pada tiga masjid, yaitu: Masjidil Haram, Masjidku ini (masjid nabawi), dan Masjidl Aqso”